6 Tips Menghadapi Pertanyaan Basa-Basi di Hari Lebaran

Hari Idul Fitri atau Lebaran menjadi momen berkumpul bersama keluarga yang selalu ditunggu-tunggu. Selain menjadi waktu yang tepat untuk saling memaafkan, momen itu biasanya dimanfaatkan untuk bersilaturahmi dengan kerabat jauh yang sudah lama tak berjumpa. 

Namun, ternyata ada sebagian orang yang justru enggan menghadapi momen ini. Biasanya mereka adalah orang-orang yang sudah memasuki usia matang. Hal ini lantaran mereka takut dihadapkan dengan pertanyaan basa-basi khas kumpul keluarga, seperti:

Promotion

Udah semester berapa sekarang? Kapan lulus?

Kapan nikah nih? Umur kamu udah 25, lho

Ehh, kapan nih punya anak? Udah hamil lagi belum?

Kerja di mana? Anak Tante kerja di sini gajinya 5 juta lho per bulan

Kok kamu gendutan sih? Nanti susah dapat jodoh, lho

Biasanya pertanyaan-pertanyaan semacam itu memang bisa membangkitkan percikan amarah. Tapi tenang, Lessoners, berikut ini ada tips yang bisa kamu ikuti untuk menghindari kebingungan saat dilempar pertanyaan basa-basi menyebalkan oleh kerabat terdekat.

Ilustrasi kerabat yang melontarkan pertanyaan basa-basi. Source: Freepik.

Baca Juga: Kenapa Sih Kita Suka Membandingkan Diri Dengan Orang Lain?

1. Jawab Dengan Bijak

Cara pertama untuk menghadapi pertanyaan basa-basi yang sepertinya terus berulang ini adalah dengan jawaban yang bijak. Biasanya, kalau mendengar jawaban bijak, orang akan menganggap kamu terlalu serius menjawabnya. Sehingga mereka enggan untuk bertanya lebih lanjut.

Seperti kalau kamu ditanya “kapan nikah?“, kamu bisa menjawabnya dengan kalimat-kalimat seperti berikut:

“Jodoh itu kan di tangan Tuhan, jadi nggak ada yang tahu”

“Kalau kita sudah berusaha tapi Tuhan berkata lain, kita sebagai manusia bisa apa?”

“Rumah tangga itu kan untuk seumur hidup, jadi butuh waktu untuk memilih yang terbaik karena nggak bisa sembarangan”

2. Ajukan Pertanyaan Balik

Kalau dengan jawaban bijak belum cukup, kamu bisa mengajukan pertanyaan kembali kepada si penanya. Misal, kalau si penanya ini ternyata juga belum menikah, kamu bisa balik bertanya seperti “kamu sendiri kapan?”. Tapi kalau status orang yang bertanya baru saja menikah, kamu bisa bertanya “kamu sendiri, kapan mau punya momongan?”.

Pokoknya sebisa mungkin alihkan pertanyaan yang tadinya ditujukan kepadamu jadi kembali kepada mereka, Lessoners! Dijamin topik basa-basi itu bakal berhenti, deh.

basa-basi
Ilustrasi mengajukan pertanyaan balik saat dihujani pertanyaan basa-basi oleh kerabat. Source: Freepik.

3. Jawab Dengan Candaan

Karena seringnya pertanyaan basa-basi seperti ini muncul, jadi nggak heran kalau ada sebagian orang yang justru terbiasa menghadapinya. Mereka jadi nggak gampang baper kalau dihadapi dengan pertanyaan itu. Orang-orang ini biasanya menanggapinya dengan candaan, lho

Seperti saat ditanya “kapan nikah?“, bisa saja dijawab dengan:

“Hilalnya masih belum kelihatan nih”

“Jodohnya masih disembunyikan Tuhan nih”

“Nanti, ya, kalau nggak Sabtu ya Minggu”

4. Cukup Berikan Senyuman

Lessoners, nggak semua pertanyaan itu harus ada jawabannya, kok. Kalau kamu merasa pertanyaan basa-basi ini membuatmu nggak nyaman, kamu nggak perlu memaksakan diri untuk mencari jawabannya. Cukup berikan senyuman kepada si penanya, karena senyuman ini pun bisa memberikan banyak arti dan makna.

Ilustrasi memberikan senyuman saat dilontarkan pertanyaan basa-basi. Source: Freepik.

5. Minta Doakan Saja

Cara berikutnya untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan menyebalkan ini adalah dengan minta didoakan. Yup! Cara ini adalah yang paling aman sekaligus mudah. Dengan minta doa, kamu bisa mencegah topik seputar pernikahan menjadi semakin melebar. Hal ini juga bisa mendatangkan manfaat untukmu, lho. Siapa tau beneran didoakan, kan?

6. Menghindar

Kalau kamu memang malas berinteraksi atau takut malah nanti jadi menimbun emosi, lebih baik kamu menghindar. Jaga jarak dengan kerabat yang memang hobi kepo, cukup bersalaman dan segera kabur untuk pura-pura mencari makanan atau minuman yang disediakan.

Lessoners, Lebaran adalah momen indah di mana kamu bisa berkumpul dengan kerabat untuk bersilaturahmi, makan ketupat, dan bagi-bagi THR. Pertanyaan-pertanyaan menjengkelkan itu cuma bagian kecil dari acara kok. Terapkan beberapa tips di atas dan nggak usah diambil pusing lagi!

Total
0
Shares
Leave a Reply
Previous Post
flexing

Mengenal Arti Flexing yang Ramai Disebut di Media Sosial, Apa Sih Dampaknya?

Related Posts
Total
0
Share