self-reward

Boros Berkedok Self Reward? Tenang, Ini 4 Tips Menyiasatinya

Self reward biasanya dilakukan seseorang sebagai bentuk apresiasi atas kinerja diri sendiri setelah melewati berbagai tugas, hingga akhirnya mencapai goals tertentu. Konsep self reward sendiri sebenarnya bisa dikatakan suatu hal yang positif, karena dianggap bisa lebih memotivasi seseorang melakukan berbagai tugas secara maksimal.

Namun, mispersepsi terhadap self reward dengan beranggapan harus membeli barang branded atau liburan ke tempat yang mahal supaya bisa merasa puas, itulah yang salah. Sehingga, tanpa disadari, self reward dengan cara seperti itu hanya sebagai bentuk kebiasaan konsumtif untuk menuruti nafsu semata, bahkan dijadikan kedok untuk berfoya-foya alias pemborosan yang bikin dompet kering.

Promotion

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk melakukan self reward tanpa menjadi boros? 

1. Tetapkan Batas Pengeluaran

self-reward
Ilustrasi menetapkan batas pengeluarkan atau budgeting. Source: Freepik.

Saat ingin memberikan self reward, ada baiknya kamu melakukan budgeting atau menetapkan batas maksimal pengeluaran terlebih dahulu. Pastikan kebutuhan prioritas sehari-harimu sudah teralokasikan dengan baik. Seperti membayar tagihan dan cicilan, membeli kebutuhan rumah, dan prioritas lainnya. Dengan begini, kamu bisa menghindari kantong jebol karena belanja yang berlebihan.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

self-reward
Ilustrasi mengeluarkan uang untuk membeli barang sesuai kebutuhan. Source: Freepik.

Meskipun dalam rangka mengapresiasi diri, kamu tetap harus mengeluarkan uang sesuai kebutuhan. Misalnya, kamu mau memberikan self reward dengan membeli barang atau makanan kesukaanmu, belilah seperlunya saja sesuai yang kamu butuhkan saat itu. Ingat, belanja dengan impulsif akan menguras kantongmu dan menyulitkan kehidupanmu.

3. Jangan Ikuti Gengsi

self-reward
Ilustrasi melakukan pembelian karena menuruti gengsi dan trend. Source: Freepik.

Yang perlu diingat adalah bahwa tujuan self reward itu untuk mengapresiasi kinerja diri dan mengembalikan semangat untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Untuk itu, hindari pembelian yang bersifat menuruti gengsi semata. Saat kamu menuruti gengsi dengan terus mengejar tren, kamu akan kehabisan energi karena tren nggak pernah ada matinya. Kamu akan terus merasa kurang hingga malah mengeluarkan lebih banyak uang.

4. Bukan Melulu soal Mengeluarkan Uang

kartu prakerja
Ilustrasi mengeluarkan banyak uang. Source: Freepik.

Banyak yang salah persepsi dengan mengartikan self reward sebagai tindakan yang berkaitan dengan pembelian. Padahal, self reward nggak melulu soal kegiatan mengeluarkan uang, loh, Lessoners! Kamu bisa melakukan berbagai hal yang kamu sukai. Misalnya, kalau kamu hobi nonton film, kamu bisa melakukan marathon film sebagai wujud dari self reward setelah mengerjakan banyak tugas dari kantor.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Film Untuk Self-Healing

Selain nonton film, berikut rekomendasi bentuk self reward yang ramah di kantong:

1. Me time

wanita karier rumah tangga
Ilustrasi menikmati waktu sendiri dengan me time di rumah. Source: Freepik.

Meluangkan waktu untuk sendiri atau biasa disebut me time bisa menjadi alternatif untuk memberikan self reward. Dengan memberi waktu untuk diri sendiri melakukan hal yang disukai, entah jalan-jalan sendiri ataupun bersantai di rumah tanpa ada gangguan orang lain, bisa jadi cara sederhana mengembalikan semangatmu untuk melakukan aktivitas selanjutnya. 

2. Menekuni Hobi

freelancer
Ilustrasi menekuni hobi. Source: Freepik.

Bentuk self reward lainnya yang ramah di kantong adalah menekuni hobi. Setelah melalui berbagai kesulitan ketika mengerjakan tugas, maka kamu pantas untuk melakukan hal-hal yang selama ini kamu kesampingkan. Selain itu, melakukan hobi katanya bisa membawa lebih banyak lagi kebahagiaan dan kepuasan diri untuk seseorang.

3. Menikmati Alam

hustle culture
Ilustrasi menikmati alam. Source: Freepik.

Rekomendasi berikutnya adalah dengan memanjakan diri dengan pemandangan alam yang indah. Bahkan, katanya, menikmati alam memiliki dampak positif terhadap kondisi psikologis seseorang, loh, Lessoners! Nah, kamu bisa pergi ke lahan hijau atau pegunungan untuk menikmati suasana yang sejuk, atau ke pantai untuk santai sambil mendengar gemericik ombak. Dijamin bikin mood kamu langsung ter-recharged!

Baca Juga: 6 Cara Simpel Untuk Balikin Mood Saat Stress Melanda

Rutinitas memang bisa jadi sangat melelahkan. Makanya, perlu ada self reward untuk mengembalikan mood supaya lebih semangat dan termotivasi melakukan rutinitas selanjutnya. Ingat, self-reward bukan melulu soal mengeluarkan uang, tapi bagaimana kamu mengapresiasi dirimu atas kerja kerasmu. Untuk itu, lakukanlah self-reward yang positif dan yang pasti menguntungkan bagi dirimu sendiri.

Total
0
Shares
Leave a Reply
Previous Post
baik

6 Cara Simpel untuk Balikin Mood Saat Stress Melanda

Next Post
pensiun dini

Mau Pensiun Dini, Apa Saja 5 Hal Yang Harus Dipersiapkan?

Related Posts
Total
0
Share