hari kanker

Isi Piringku, Panduan Makan Gizi Seimbang dari Kemenkes

Lessoners, pasti sudah akrab dengan slogan 4 Sehat 5 Sempurna, kan? Slogan ini mengajak kita untuk makan dengan gizi seimbang, yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, dan susu untuk menjadikannya sempurna. Nah, seiring dengan pergantian zaman, penelitian mengenai nutrisi pun semakin berkembang. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kini memperkenalkan metode makan dengan gizi seimbang terbaru, yaitu Isi Piringku.

Isi Piringku. Source: YouTube Promkes Jatim.

Berbeda dengan 4 Sehat 5 Sempurna, Isi Piringku menggambarkan porsi makan ideal dalam satu piring sebagai berikut:

Promotion

1. Makanan Pokok

Ilustrasi makanan pokok. Source: Halodoc.

Pertama, bagi porsi piring makan menjadi dua bagian. Dari setengah piring tersebut, isilah 2/3 bagian dengan karbohidrat sebagai sumber tenaga utama untuk kamu beraktivitas. Sumber karbohidrat ini bisa berupa nasi, kentang, sagu, ubi, jagung, singkong, gandum, mi, bihun, dan sebagainya.

2. Lauk-Pauk

isi piringku
Ilustrasi lauk pauk. Source: SehatQ.

Setelah karbohidrat, isi 1/3 bagian lagi dengan lauk-pauk yang menjadi sumber protein, baik hewani maupun nabati. Protein hewani meliputi aneka ikan, daging, atau olahan susu, sedangkan protein nabati meliputi tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Tapi, batasi lah konsumsi daging merah atau daging olahan seperti sosis, kornet, bacon, dan sebagainya.

3. Sayur dan Buah

Ilustrasi sayur dan buah. Source: Wolipop.

Kalau setengah porsi piring sudah terisi dengan karbohidrat dan lauk-pauk, penuhi setengahnya dengan sayur dan buah dengan proporsi 2/3 bagian untuk sayur dan ⅓ bagian untuk buah. Keduanya sangat penting untuk melengkapi kebutuhan serat, air, vitamin, mineral yang dapat mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes, loh, Lessoners!

Untuk sayur, kamu bisa mengkonsumsinya secara mentah, ditumis, dikukus, atau direbus. Sayuran seperti kangkung, bayam, brokoli, buncis, terong, wortel, paprika, dan sayuran lainnya bisa dijadikan sumber serat, vitamin A, C, dan mineral seperti zat besi, fosfor, juga antioksidan. Untuk buah, kamu bisa memilih buah apapun seperti pisang, semangka, jeruk, apel, mangga, dan sebagainya.

Selain panduan di atas, lengkapi juga dengan sedikit minyak sehat seperti minyak zaitun, minyak jagung, atau minyak kanola. Hindari minyak kelapa sawit atau minyak lainnya yang mengandung lemak jenuh atau kolesterol tinggi. Tak ketinggalan, cukupi juga kebutuhan cairan setiap harinya dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari. Batasi juga konsumsi susu 1-2 gelas per hari dan hindari minuman dengan pemanis tambahan. 

Bagaimana, tidak sulit, kan? Pedoman gizi Isi Piringku ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi keluarga Indonesia untuk memenuhi kebutuhan dan nutrisi sehari-hari. Kalau kebutuhan gizi seimbang lewat makanan sudah terpenuhi, maksimalkan dengan olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan kelola stres dengan baik. Niscaya, kesehatan tubuh baik fisik dan mental akan senantiasa terjaga.

Total
0
Shares
Leave a Reply
Previous Post
Tidur sangat baik untuk menjaga kesehatan mental

5 Cara Ampuh Agar Cepat Tidur di Malam Hari

Next Post

3 Aplikasi Investasi Reksadana Online Paling Populer

Related Posts
Total
0
Share