tokoh fiksi

Jatuh Cinta dengan Tokoh Fiksi, Apakah Normal? 

Jatuh cinta adalah perasaan manusiawi dan bisa terjadi pada siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Banyak orang yang berusaha untuk menyatakan rasa cintanya dengan berbagai cara, namun bagaimana kalau rasa cinta tersebut ditujukan kepada tokoh fiksi?

Hal ini termasuk dalam hubungan parasosial, yaitu hubungan satu arah antara pengguna media dengan figur media, baik tokoh imajiner seperti karakter dua dimensi dan karakter di film maupun tokoh nyata seperti selebriti atau influencer. Nah, ketika berada di dalam hubungan ini, mereka akan merasa memiliki hubungan yang dekat dan nyata dengan tokoh idolanya.

Promotion
tokoh fiksi
Ilustrasi hubungan parasosial dengan tokoh idola. Source: Freepik.

Meskipun pada tahap ini sebenarnya masih bisa dianggap normal, namun kalau sudah berlebihan sampai mengganggu kehidupan atau aktivitasmu maka perlu diwaspadai.

Kalau bicara lebih spesifik tentang rasa cinta terhadap tokoh fiksi, bagi sebagian orang mungkin memang terdengar aneh, tapi hal ini nyata terjadi hingga ada istilah khusus untuk kondisi ini, yaitu fictophilia. Mengutip Wolipop, fictophilia adalah suatu kondisi di mana seseorang merasa jatuh cinta, keinginan untuk memiliki, bahkan timbul daya tarik seksual kepada suatu tokoh imajiner.

Biasanya, karena orang-orang yang mengalami fictophilia merasakan perasaan yang begitu besar terhadap suatu tokoh, mereka enggan untuk berinteraksi dengan lawan jenis atau orang-orang di kehidupan nyata. Namun hal itu nggak menutup kemungkinan bagi mereka yang sudah memiliki hubungan yang serius untuk tetap menyukai suatu tokoh fiktif.

Kondisi seperti ini tentu sudah nggak normal, ya, Lessoners! Karena hal ini sudah termasuk ke dalam salah satu jenis gangguan psikologis. Nah, supaya hal tersebut nggak kamu alami, penting banget untuk kamu terlebih dahulu mengenali 4 tanda kalau seseorang terkena fictophilia berikut ini.

tokoh fiksi
Ilustrasi jatuh cinta dengan tokoh fiktif. Source: Freepik.

1. Sering Membandingkan

Penderita fictophillia sering membandingkan pasangan atau orang-orang di sekitarnya dengan tokoh fiksi yang mereka idolakan. Hal ini terjadi karena mereka menganggap bahwa tokoh yang mereka idolakan adalah sosok yang paling sempurna. 

2. Menutup Diri

Penderita fictophilia akan menutup dirinya dengan kehidupan di sekitarnya sehingga mereka menjadi anti sosial. Penyebabnya karena rasa cinta mereka dengan tokoh fiksi tersebut. Mereka selalu berimajinasi tentang betapa sempurnanya kehidupan mereka kalau tokoh yang mereka idolakan hidup bersama mereka.

3. Berusaha Mengubah Pasangan 

Bukan cuma yang jomblo saja, tapi mereka yang sudah memiliki pasangan terkadang justru bisa lebih ekstrem, loh! Contohnya, mereka tak akan segan meminta agar pasangannya berubah menjadi tokoh fiksi idaman mereka. Baik dari cara berpakaian, model rambut, gaya bicara, dan lainnya. 

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 5 Tanda Kamu Terjebak Dalam Toxic Relationship

4. Selalu Memikirkannya

Dilansir dari Wolipop, psikolog seksual Zoya Amiri mengungkapkan bahwa penderita fictophilia ini akan terus memikirkan tentang tokoh fiktif idolanya dan tanpa sadar hal tersebut menjadi kebiasaan yang berujung pada sebuah masalah dalam kepribadiannya.

Lessoners, sebenarnya boleh saja memiliki idola dari tokoh fiksi, namun jangan sampai kamu terlalu berlebihan mengidolakan mereka. Kalau kamu atau siapapun di sekitarmu memiliki 4 tanda di atas, sebaiknya segera beri pemahaman dan konsultasikan masalah ini ke psikolog atau psikiater supaya nggak jadi masalah yang serius.

Total
0
Shares
Leave a Reply
Previous Post
pensiun dini

Mau Pensiun Dini, Apa Saja 5 Hal Yang Harus Dipersiapkan?

Next Post

Sering Butuh Healing, Termasuk Strawberry Generation Kah Kamu?

Related Posts
bisnis

5 Ide Bisnis Kekinian dengan Modal Kecil

Di era serba canggih seperti sekarang, sudah nggak ada lagi alasan ide bisnismu terhenti karena butuh modal besar. Pasalnya, banyak lho bisnis yang bisa kamu lakukan dengan modal kecil, atau bahkan tanpa modal sama sekali! Simak artikel ini untuk mendapatkan inspirasi bisnis kekinian yang bisa kamu tiru!
Read More
Total
0
Share