pensiun dini

Mau Pensiun Dini, Apa Saja 5 Hal Yang Harus Dipersiapkan?

Kebiasaan bekerja yang menguras begitu banyak tenaga membuat nggak sedikit orang berpikiran untuk pensiun dini. Namun, untuk melakukan langkah tersebut tentunya perlu ada rencana yang matang. Pasalnya, pensiun dini membuat kamu nggak seproduktif sekarang, sehingga bekal yang dimiliki harus benar-benar cukup. Kalau gegabah, bisa-bisa keuangan di masa tua yang jadi taruhannya. 

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum kamu memutuskan untuk pensiun dini. Tujuannya adalah supaya kamu bisa hidup nyaman tanpa ada masalah di kemudian hari. Penasaran apa saja hal yang perlu diperhatikan? Berikut ini di antaranya:

Promotion

1. Hitung Dana Pensiun dan Aset Pribadi

Ilustrasi menghitung dana pensiun dan aset pribadi. Source: Freepik.

Langkah pertama adalah menghitung biaya hidup yang dikeluarkan selama ini, misalnya seperti biaya pakaian, makanan, transportasi, rekreasi, dan lainnya. Sehingga kamu bisa melihat berapa besar kira-kira dana yang dibutuhkan setiap bulannya saat sudah pensiun nanti.

Periksa juga saldo Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan dan dana pensiun dari kantor, misalnya program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), jika ada. Kemudian, cek juga nilai aset pribadi yang kamu miliki, seperti rumah, kendaraan pribadi, tanah, saham, reksadana, emas dan lain-lain. Dengan begitu, kamu bisa menghitung berapa kekurangan dana kebutuhan pensiun dini yang harus kamu segera kumpulkan.

Baca Juga: Pentingnya Persiapan Dana Pensiun Sejak Usia 20-AnĀ 

2. Lunasi Segala Utang

Ilustrasi melunasi utang. Source: Freepik.

Memutuskan pensiun dini dengan kondisi masih menanggung utang bisa menjadi langkah berbahaya untuk kesehatan finansialmu. Untuk itu, hitunglah kembali berapa besar utang yang kamu punya, termasuk dengan cicilan bulanan yang harus dibayar. Sehingga akan lebih mudah bagimu mematok berapa dana yang harus ditabung setiap bulan dari penghasilan bulanan.

Misalnya, kamu menargetkan pensiun dini 5 tahun lagi. Namun, saat ini kamu masih memiliki tanggungan cicilan KPR yang akan berjalan sampai 8 tahun lagi. Kalau kamu merasa nggak punya kesiapan dana untuk mempercepat pelunasan utang KPR tersebut, sebaiknya tunda dulu rencana kamu untuk pensiun dini, ya, Lessoners!

3. Siapkan Dana Darurat

pensiun dini
Ilustrasi menyiapkan dana darurat. Source: North Shore Bank.

Selain memastikan sudah nggak menanggung utang di masa pensiun, pastikan juga kamu sudah menyiapkan dana darurat yang memadai. Tujuannya nggak lain untuk membantu kamu mengantisipasi situasi tak terduga yang membutuhkan dana tunai segera. Kamu bisa mulai menabung dari sekarang dengan besaran antara tiga sampai enam kali besar penghasilan bulanan saat ini, demi memenuhi dana darurat di masa yang akan datang.

4. Lengkapi dengan Asuransi 

asuransi
Ilustrasi melengkapi diri dengan asuransi. Source: Freepik.

Saat menjadi karyawan suatu perusahaan, biasanya kamu akan mendapatkan benefit berupa asuransi dengan pemotongan sekian persen dari gaji. 

Meski berharap supaya selalu dalam kondisi sehat, namun faktanya orang mulai mengeluhkan masalah kesehatan seiring dengan bertambahnya usia. Nah, kamu bisa mengelola risiko kesehatan ini saat pensiun dengan memiliki asuransi kesehatan. Dengan asuransi kesehatan, kamu bisa memperkecil dampak finansial kalau mendadak kamu jatuh sakit. Layanan asuransi kesehatan juga relatif lebih nyaman tanpa antri terlalu panjang.

Selain asuransi kesehatan, asuransi jiwa juga penting dimiliki untuk mengelola risiko finansial yang ditanggung oleh keluarga. Karena kalau sampai terjadi halangan terhadap pencari nafkah utama, maka keluarga yang ditinggalkan bisa melanjutkan hidup dengan berbekal uang pertanggungan dari polis asuransi jiwa yang dimiliki. Sehingga asuransi jiwa bisa mengurangi guncangan finansial yang sangat mungkin terjadi pada sebuah keluarga ketika sang pencari nafkah utama dalam keluarga meninggal dunia.

5. Kejar Kebutuhan dengan Investasi

Woman hand holding plant growing from coins bottle in the on blurred green natural background

Seperti yang kita tahu kalau biaya hidup akan selalu naik dari tahun ke tahun. Untuk itu, investasi menjadi salah satu cara yang tepat untuk membantu kamu mempersiapkan dana pensiun. Apalagi saat ini banyak sekali instrumen yang bisa dipilih dengan keuntungan dan risikonya masing-masing. Pilihlah investasi dengan risiko yang sesuai dengan selera dan kesanggupan kamu.

Nggak perlu nunggu pensiun, mulailah investasi dari sekarang sedikit demi sedikit namun tetap konsisten.

Itulah 5 hal yang harus diperhatikan dengan baik sebelum memutuskan untuk pensiun dini. Pertimbangkan lagi dengan matang keinginan tersebut supaya nggak membuat kamu dan keluarga sengsara di masa tua. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk mewujudkan rencana pensiun dini kamu, ya, Lessoners!

Total
0
Shares
Leave a Reply
Previous Post
self-reward

Boros Berkedok Self Reward? Tenang, Ini 4 Tips Menyiasatinya

Next Post
tokoh fiksi

Jatuh Cinta dengan Tokoh Fiksi, Apakah Normal? 

Related Posts
Total
0
Share