over promise

Supaya Nggak Jadi Orang Yang Over Promise, Ini  5 Tips Menghindarinya

Membuat janji memang mudah, tapi yang sulit adalah menepatinya. Terlebih, kita hidup di dunia yang kompetitif dan mudah untuk menjanjikan apa pun dengan kata-kata demi bisa mendapatkan sebuah peluang. Supaya nggak jadi orang yang selalu mengumbar janji tapi nggak bisa menepatinya, alias over promise, berikut tips yang bisa kamu ikuti.

1. Buat janji yang memang kamu ingin dan mampu untuk tepati

Ilustrasi account executive (AE) dan klien
Ilustrasi membuat janji yang kamu inginkan dan mampu untuk ditepati supaya nggak over promise. Source: Freepik.

Nggak jarang orang membuat janji bukan karena mereka benar-benar ingin, tapi karena ada tekanan atau alasan lainnya. Jadi nggak heran kalau janji tersebut justru malah menjadi beban dan seringnya nggak bisa terpenuhi. Itulah mengapa, kamu harus mengutamakan untuk membuat janji yang memang ingin kamu buat dan pertimbangkan apakah nanti kamu benar-benar bisa menepatinya.

Promotion

Misalnya, seorang freelancer mendapat tawaran pekerjaan dadakan dari seorang teman di bidang yang kurang diminati. Tapi karena yakin bisa melakukannya dalam tenggat waktu yang cukup singkat, akhirnya ia menerima pekerjaan tersebut meski belum punya keterampilan yang cukup. Nyatanya, ia kewalahan sendiri menyelesaikan pekerjaannya dan memberikan hasil yang kurang maksimal.

2. Belajar bilang ‘tidak’ dan berani untuk menolak

over promise
Ilustrasi menolak supaya nggak over promise. Source: Freepik.

Nah, saat ada yang memintamu untuk berjanji akan sesuatu, tapi kamu merasa nggak yakin atau nggak nyaman dengan hal itu, belajarlah untuk bilang ‘tidak’. Bagi sebagian orang memang bilang ‘tidak’ itu bukan perkara mudah. Tapi, ini penting banget demi kenyamanan dirimu sendiri. Kamu bisa jelaskan alasanmu menolak kalau memang dirasa perlu. Daripada malah berakhir mengingkari, lebih baik nggak usah memaksakan dirimu.

3. Lebih spesifik mengenai janji yang akan kamu buat

self-reward
Ilustrasi mendetailkan janji supaya nggak over promise. Source: Freepik.

Selain itu, perjelaslah janji yang akan kamu buat dengan lebih spesifik supaya kesalahpahaman bisa dikurangi kalau kamu nggak sanggup mencapainya. Seperti pada kasus freelancer tadi, ada baiknya ia konfirmasi terlebih dahulu apakah lebih baik kalau deadline-nya diundur supaya ia bisa memberikan hasil yang lebih maksimal daripada mengerjakannya tepat waktu namun dengan hasil seadanya.

Hal ini memberinya kesempatan untuk memperhitungkan kembali apakah ia akan mampu menepati janji tersebut nantinya. Dengan begitu, ia juga jadi bisa mengatur waktu untuk memperkirakan langkah-langkah pengerjaan tugasnya. Kalau perlu tambahkan pula margin waktu untuk berjaga-jaga kalau sesuatu yang nggak diinginkan terjadi.

Baca Juga: Tips Menyusun Resolusi Tahun Baru Dan Bagaimana Mencapainya

4. Catat semua janji yang telah kamu buat 

over promise
Ilustrasi mencatat semua janji supaya nggak lupa dan jadi over promise. Source: Freepik.

Lupa merupakan salah satu sifat yang manusiawi dan pasti pernah dialami semua orang. Tapi, hal ini nggak boleh jadi alasan buat kamu untuk ingkar janji, lho, Lessoners! Saat kamu punya janji yang berbeda pada banyak orang, ada baiknya untuk mencatat semua janji itu. Jadi, kalau ada orang yang menagih janji tersebut, kamu nggak bingung sendiri. Sehingga secara nggak langsung catatan ini juga mendorong kamu untuk memenuhi janji tersebut.

5. Komunikasikan lebih awal dan buat alternatif kalau ada halangan

over promise
Ilustrasi mengkomunikasikan lebih awal supaya nggak over promise. Source: Freepik.

Nggak ada yang bisa menebak hal-hal di masa depan. Selalu saja ada kemungkinan kamu nggak bisa atau harus menunda janji yang sudah dibuat. Untuk menghindari kekecewaan orang lain, usahakan untuk berkomunikasi lebih awal. Jelaskan kenapa kamu belum bisa menepati janjimu dan tawarkan alternatif lain untuk mengganti janji yang belum bisa kamu penuhi tersebut.

Lessoners, bukan janji pada orang lain saja yang nggak boleh dilanggar, tapi juga janji pada diri sendiri. Kamu mungkin pernah merenung dan merasa kalau hidupmu kok begini terus, hingga kamu membuat janji pada diri sendiri untuk menjadi lebih baik. Misalnya, nggak boleh boros, berhenti menunda pekerjaan, terbuka pada kesempatan baru, atau meninggalkan hubungan yang toxic.

Seringkali hal-hal itu dianggap enteng sampai akhirnya kamu malah ingkar terhadap janji kepada dirimu sendiri. Padahal, terlepas dari kecil atau besar janji yang kamu buat, baik kepada orang lain maupun diri sendiri, sangatlah penting untuk tetap menepatinya. Coba ikuti tips di atas supaya nggak jadi orang yang over promise lagi, karena itu cuma merugikan dirimu saja, lho, Lessoners! Selamat mencoba!

Total
19
Shares
Leave a Reply
Previous Post

Sering Butuh Healing, Termasuk Strawberry Generation Kah Kamu?

Next Post
freelancer

Hati-hati Investasi Bodong, Kenali 6 Ciri Skema Ponzi dan Cara Menghindarinya

Related Posts
love language

Mengenal 5 Macam Love Languages, Kamu yang Mana?

Ngomongin soal cinta, mungkin nggak bakal ada habisnya. Mulai dari jatuh cinta, sampai patah hati, pokoknya berwarna banget! Tentunya setiap orang juga punya definisinya tersendiri soal cinta. Serta cara mengekspresikan cintanya yang berbeda-beda, yang biasa disebut dengan love language. Lantas, apa sih love language kamu?
Read More
Total
19
Share